Beberapa Hal Penting Mengenai Kebersihan Dapur Restoran

Beberapa Hal Penting Mengenai Kebersihan Dapur Restoran

Jasa Bersih Kantor – Selain memperhatikan kualitas produk, pemilik usaha yang menjalankan usaha makanan dan minuman tentunya juga harus memperhatikan kebersihan dan kebersihan dapur, terlebih jika memiliki restoran. Area depan, makan sampai dapur harus terlihat bersih dan rapi. Pembersihan dapur harus diperhatikan, dari permukaan atas hingga permukaan bawah yang tersembunyi dan tertutup. Dan untuk membersihkan noda yang biasanya timbul di permukaan maka perlu menggunakan air hangat.

Beberapa Hal Penting Mengenai Kebersihan Dapur Restoran

Sebagai pemilik, Anda pasti harus menetapkan standar kebersihan restoran untuk menghindari berbagai kecelakaan di dapur. Sebagai peralatan pembersih untuk metode pembersihan. Masalahnya adalah Anda harus melatih karyawan Anda dengan cara khusus untuk masalah ini. Untuk restoran yang memiliki dapur terbuka, pembersihan dapur harus menjadi perhatian khusus. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan restoran, dari ruang makan hingga dapur.

Bersihkan Permukaan Minyak yang Licin

Langkah-langkah yang tidak efisien untuk membersihkan lantai dapat menyebabkan kecelakaan, baik tergelincir maupun jatuh. National Floor Safety Institute menjelaskan bahwa sekitar 55% kecelakaan, seperti seseorang terpeleset dan jatuh, disebabkan oleh permukaan lantai. Hal ini mengakibatkan potensi kerusakan, yang dapat menyebabkan reputasi buruk bisnis Anda. Untuk dapur komersial, Anda dapat menggunakan alas anti selip dan juga menggunakan sepatu safety untuk menghindari permukaan lantai yang licin.

Pakailah Cairan Pembersih

Gunakan disinfektan yang telah terbukti lebih efektif dalam mengurangi bakteri 6-30 kali lebih efektif untuk lantai. Anda bisa mengandalkan air bersih untuk mencucinya. Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan meja lalu bersihkan dengan kain pertama. Gunakan minuman keras atau bahan kimia lainnya sesuai dengan kebutuhan restoran Anda.

Gunakan Troli Pembersih

Bawa troli ke meja untuk dibersihkan dan gunakan troli untuk meletakkan peralatan kotor. Kemudian bawa ke bak cuci. Hal ini untuk menghindari sisa kotoran dari piring atau kaca yang berjatuhan di jalan saat Anda membawanya ke dapur.

Pisahkan Sampah

Bersihkan sisa makanan dan buang ke tempat sampah. Pisahkan sampah organik dan anorganik. Ini untuk memudahkan pembuangan sampah. Jangan biarkan sampah semalaman di tempat sampah, karena akan meninggalkan bau yang akan membuat udara restoran tercium keesokan harinya.

Sapu dan Lap Seluruh Lantai Restoran

Sapu seluruh lantai dapur setiap akhir malam saat semua peralatan telah dibersihkan dan dimasukkan kembali ke tempatnya. Kembalikan peralatan dapur ke kondisi aslinya. Menyapu adalah kegiatan mengumpulkan sisa atau sisa makanan yang berjatuhan ke lantai. Jika perlu, seka seluruh lantai dengan air dan deterjen yang mengandung disinfektan. Jangan lupa memasang tanda peringatan bertuliskan “Awas lantai basah” agar semua pekerja terhindar dari menginjak lantai yang basah.

Matikan Semua Peralatan Listrik Yang Tidak Perlu di Dapur Restoran

Terakhir, matikan semua peralatan listrik yang tidak perlu. Ini tidak berlaku untuk lemari es atau lemari es untuk menyimpan makanan. Padahal, lemari es ini harus dijaga agar makanan yang disimpan di dalamnya tidak rusak. Matikan semua peralatan listrik yang dapat menyebabkan korsleting. Periksa juga apakah ada api terbuka di seluruh perapian.

Buat Jadwal Piket Harian Untuk Menjaga Dapur Restoran Tetap Bersih

Setiap karyawan yang bekerja di sebuah restoran, terutama di dapur, harus memperhatikan area kerjanya dan jika perlu dibuatkan jadwal untuk menjaga kebersihan. Misalnya dengan membersihkan meja dapur dan juga semua peralatan dapur yang sudah jadi, termasuk pisau dan piring untuk memotong (talenan). Untuk membersihkan nampan ini, kita harus menggunakan air panas yang bersabun kemudian digunakan untuk melumasinya sebelum dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring.

Counter atau meja bersih yang digunakan untuk memasak dan menyajikan makanan. Gunakan deterjen dan disinfektan agar bakteri tidak berkembang. Anda dapat menggunakan deterjen yang sama dengan yang digunakan untuk mencuci piring. Kemudian bersihkan permukaan meja secara menyeluruh dengan lap basah lalu ulangi dengan lap kering. Pastikan meja benar-benar kering dan tidak ada cairan tersisa sebelum digunakan kembali untuk menyajikan makanan keesokan harinya.

admin

Related Posts

Sudah Tau Manfaat Udara Bersih?

Sudah Tau Manfaat Udara Bersih?

Beda Jenis Noda Minyak Beda Cara Membersihkannya

Beda Jenis Noda Minyak Beda Cara Membersihkannya

Manfaat Lain Sikat Gigi Bekas Untuk Kebersihan

Manfaat Lain Sikat Gigi Bekas Untuk Kebersihan

Ucapkan Selamat Tinggal Jamur di Tas Dengan Cara Berikut

Ucapkan Selamat Tinggal Jamur di Tas Dengan Cara Berikut

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *